3 Fakta Menarik Dibalik Keganasan Bom Nagasaki dan Hiroshima

Spread the love

3 Fakta Menarik Dibalik Keganasan Bom Nagasaki dan Hiroshima

Pada tanggal 6 Agustus 1945 atau lebih dari 73 tahun silam, kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom oleh pasukam Amerika Serikat. Hal itu membuat dua kota terpenting di Jepang tersebut lumpuh total, hal itu jugalah yang membuat Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu pada pada tanggal 15 Agustus melalui pengumuman resmi oleh Hirohito, Kaisar Jepang pada saat itu.

Ledakan dahsyat di kota Hiroshima diperkirakan memakan korban sebanyak 80.000 orang. Tak berselang lama, tentara Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom di kota Nagasaki yang memakan korban sekitar 40.000 korban jiwa. Hal itu juga yang mendasari kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Namun, ternyata peristiwa kelam bagi masyarakat Jepang tersebut ternyata menyimpan 3 fakta menarik seperti yang dilansir berikut ini.

1. Bunga oleander

Tahukah kamu tentang bunga oleander? Bunga ini merupakan bunga resmi kota Hiroshima. Alasan bunga tersebut menjadi ikon atau bunga resmi kota Hiroshima disebabkan karena bungan oleander merupakan tanaman yang yang pertama kali tumbuh dan mekar setelah dahsyatnya ledakan bom atom. Dalam bahasa Indonesia, bunga ini dikenal dengan nama Bunga Jepun dan ternyata mengandung racun yang sangat mematikan. Beberapa penyakit yang muncul akibat racun bunga olenader diantaranya muntah, diare, masalah sistem saraf pusat, bahkan juga penyakit jantung.

2. Pohon ginkgo biloba

Ginkgo Biloba atau biasa disebut dengan pohon meidenhair merupakan malaikat pelindung bagi sebagian masyarakat Jepang saat bom atom meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Karena ada beberapa orang yang selamat dari bom tersebut berkat berlindung dibalik pohon tersebut. Pohon ginkgo biloba memang dikenal sebagai pohon yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang luar biasa. Oh iya, pohon yang satu ini juga termasuk sebagai salah satu pohon tertua di dunia.

3.Awak Pesawat

Sebagian Awak Pesawat tak mengetahui bahwa mereka akan menjalankan misi di Hiroshima
Diketahui bahwa saat itu hanya 3 orang dari 12 orang yang berada di pesawat yang mengetahui bahwa mereka akan menjalankan sebuah misi besar di kota Hiroshima. Sedangkan 8 orang lainnya yang berada dalam pesawat tidak mengetahui secara rinci tentang misi yang akan dijalaninya.

“Terlepas dari pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki, saat ini Jepang merupakan salah satu negara dengan destinasi wisata menarik yang banyak dikunjungi

 

Sumber:https://www.shopback.co.id/&google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *