5 Gunung Tertinggi di Dunia Beserta Ketinggiannya

Spread the love

5 Gunung Tertinggi di Dunia Beserta Ketinggiannya

Daftar 5 gunung tertinggi di dunia – Apa sajakah nama-nama gunung tertinggi di dunia saat ini? Ketinggian gunung dihitung dari tingginya dalam satuan meter di atas permukaan laut. Beberapa puncak gunung tertinggi di dunia terletak di benua Asia, tepatnya pada barisan pegunungan Himalaya.

Pengertian gunung merupakan sebuah bentuk tanah yang menonjol tinggi di atas wilayah yang ada di sekitarnya. Gunung cenderung lebih tinggi dan lebih curam dibandingkan dengan bukit. Kumpulan dari gunung gunung dalam satu area wilayah disebut dengan pegunungan.

Gunung dapat terbentuk dari gerakan teknonik atau vulkanik. Beberapa gunung dengan ketinggian yang tinggi memiliki hawa udara yang dingin di kawasan puncaknya, bahkan hingga menimbulkan lapisan salju.

Daerah pegunungan juga sering digunakan sebagai kawasan agrikultur karena iklimnya tersebut. Sebuah gunung bisa memiliki ketinggian, volume, relief, kecuraman, jarak dan kontinuitas yang bervariasi dan beragam.

Terdapat banyak gunung-gunung yang ada di seluruh dunia, baik gunung berapi yang masih aktif maupun gunung mati yang sudah tidak aktif. Gunung berapi merupakan gunung yang masih aktif dan bisa meletus dengan mengeluarkan lava, sedangkan gunung mati sudah tidak aktif lagi dan tidak bisa meletus.

Berdasarkan data yang ada, 33% gunung berada di dataran Eurasia (Eropa dan Asia). Beberapa gunung memiliki ketinggian yang sangat tinggi hingga sangat sulit untuk didaki oleh pendaki dari seluruh dunia.

Terdapat lebih dari 100 gunung dengan ketinggian lebih dari 7000 meter di atas permukaan laut, kebanyakan berada di benua Asia, terutama di kawasan China dan Nepal. Pegunungan Himalaya banyak menghasilkan puncak puncak gunung tertinggi di dunia yang banyak menjadi sasaran pendakian dari penjelajah gunung di seluruh dunia.

Berikut ini akan kami tampilkan daftar 5 titik puncak tertinggi gunung gunung di seluruh dunia saat ini. Daftar gunung tertinggi di dunia dihitung dari ketinggiannya secara total dalam satuan meter di atas permukaan laut (mdpl).

1. Gunung Everest

Ketinggian : 8.848 meter
Nama lain : Sagarmatha (Nepal) / Chomulungma (Cina)
Lokasi : Tibet, Perbatasan China dan Nepal
Pegunungan : Himalaya
Pendakian pertama : 29 Mei 1953 (oleh Edmund Hillary & Tenzing Norgay)

2. Gunung K2


Ketinggian : 8.611 meter
Nama lain : Qogir / Godwin Austen
Lokasi : Perbatasan China-Pakistan
Pegunungan : Karakoram
Pendakian pertama : 31 Juli 1954 (oleh Achille Compagnoni & Lino Lacedelli)

3. Gunung Kangchenjunga

Ketinggian : 8.586 meter
Nama lain : Kanchenjunga
Lokasi : Perbatasan Nepal dan India
Pegunungan : Himalaya
Pendakian pertama : 25 Mei 1955 (oleh Joe Brown & George Band)

4. Gunung Lhotse


Ketinggian : 8.516 meter
Lokasi : Perbatasan China, Nepal dan Tibet
Pegunungan : Himalaya
Pendakian pertama : 18 Mei 1956 (oleh Fritz Luchsinger & Ernst Reiss)

5. Gunung Makalu


Ketinggian : 8.485 meter
Lokasi : Perbatasan Nepal dan China
Pegunungan : Himalaya
Pendakian pertama : 15 Mei 1955 (oleh Lionel Terray & Jean Couzy

Demikian informasi mengenai daftar 5 puncak gunung tertinggi di dunia dan keterangannya. Gunung Everest yang menjadi bagian dari Pegunungan Himalaya di kawasan Tibet, Nepal dan China menjadi gunung tertinggi di Planet Bumi dengan puncak tertinggi mencapai 8.850 meter di atas permukaan laut atau sekitar 29.035 kaki.
Sekian informasi ilmu pengetahuan umum kali ini moga bermanfaat.

Sumber:https://www.infoakurat.com/puncak-gunung-tertinggi-di-dunia

One thought on “5 Gunung Tertinggi di Dunia Beserta Ketinggiannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *