5 Negara Terkecil di Dunia dan Luas Wilayahnya

Spread the love

5 Negara Terkecil di Dunia dan Luas Wilayahnya

Apa negara terkecil di dunia saat ini? Kondisi geografis tiap negara berbeda. Indonesia termasuk salah satu negara terluas di dunia, namun ada juga negara dengan luas wilayah yang sangat kecil, bahkan kurang dari 500 km persegi. Untuk itu kali ini akan dibahas mengenai daftar 5 negara terkecil di dunia beserta luas wilayahnya dan jumlah penduduknya.

Terdapat banyak negara-negara di dunia yang dibedakan menjadi beberapa benua, seperti Asia, Afrika, Eropa, Amerika hingga Australia. Tentunya dari tiap negara yang ada bisa diklasifikasikan berdasarkan karakteristik tertentu, salah satu karakteristik tiap negara yang berbeda-beda adalah area luas wilayah negara negara di dunia.

Tiap negara memiliki luas yang berbeda. Beberapa negara terluas di dunia antara lain adalah Rusia, China, Amerika Serikat, India, Brasil atau Kanada. Tentunya deretan negara terbesar di dunia tersebut sudah sangat dikenal dengan luas wilayahnya yang besar. Lantas bagaimanakah dengan negara paling kecil di dunia?

Terdapat beberapa negara terkecil di dunia dengan luas wilayah kurang dari 500 km persegi. Hal ini tentu sangat kecil karena berarti luas negara ini tak lebih besar dari kota Jakarta atau Surabaya. Beberapa negara terkecil di Asia Tenggara misalnya seperti Singapura dan Brunei.

Meski begitu, dua negara tersebut masih belum masuk dalam daftar negara terkecil di dunia. Di antara lebih dari 200 negara yang telah diakui, ada negara lain dengan luas area yang lebih kecil. Luas yang ada merupakan luas daerah otonomi negara tersebut, yang merupakan gabungan luas daratan dan luas lautan jika ada.

Negara yang masuk dalam daftar negara terkecil di dunia ini merupakan negara independen yang telah merdeka dan bukan merupakan bagian dari negara lain, sehingga negara seperti Gibraltar, Guam, Macau, Bermuda atau Hong Kong tidak termasuk. Berikut ini daftar 5 negara terkecil di dunia lengkap beserta luas wilayah dan jumlah penduduk update terbaru.

1. Vatikan

>>Luas : 0,44 km2>> Benua : Eropa>> Ibukota : Vatican City>>Populasi : 842 jiwa<<

Negara terkecil di dunia adalah Vatican City. Negara ini hanya memiliki luas sebesar 0,44 km persegi saja, sekaligus menjadikan Vatikan sebagai negara terkecil di Eropa. Letak Vatikan berada di dalam area kota Roma di Italia.Jumlah penduduk Vatican City diperkirakan tak kurang dari 1000 jiwa. Hal tersebut juga menjadikan negara ini sebagai negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Vatikan dipimpin oleh seorang Paus sebagai kepala negara.

2. Monako

>>Luas : 2 km2>> Benua : Eropa>> Ibukota : Monako>>Populasi : 36.371 jiwa<<

Monako menjadi negara terkecil kedua di Eropa dan juga di dunia. Negara ini berbatasan dengan Prancis dan Laut Mediterania. Monako juga menjadi negara terkecil yang memiliki garis pantai. Luas wilayah Monako hanya 2 km persegi saja. Jumlah penduduk Monako adalah 36.371 jiwa. Dengan kepadatan penduduk mencapai 18.713 jiwa/km persegi, Monako menjadi negara terpadat di dunia. Negara ini terkenal karena memiliki pajak kecil. Tiap tahun, sirkuit Monte Carlo di Monako digunakan sebagai lintasan balap ajang Formula 1 dan ajang balap lainnya.

3. Nauru

 

 

 

 

 

 

 

 

>>Luas : 21 km2>>Benua : Australia/Oceania>>Ibukota : Yaren>>Populasi : 10.084 jiwa<<

Nauru menjadi negara terkecil di dunia yang tidak berada di benua Eropa. Lokasi Nauru ada di kawasan Oceania, tepatnya di Mirkonesia di perairan Samudera Pasifik. Sebagai negara pulau, Nauru hanya memiliki luas wilayah sebesar 21 km persegi saja. Ibukota Nauru ada di kota Yaren secara de faktor sebagai pusat pemerintahan di Nauru. Negara ini memiliki bentuk pemerintahan republik, sementara mata uang yang digunakan adalah dollar Australia (AUD).

4. Tuvalu

>>Luas : 26 km2>>Benua : Australia/Oceania>>Ibukota : Funafuti>>Populasi : 10.837 jiwa<<

Satu lagi negara kecil di kawasan Oceania yakni Tuvalu. Lokasinya berada di antara Australia dan Hawaii. Luas wilayah Tuvalu hanya 26 km persegi saja. Sementara jumlah penduduk di Tuvalu diperkirakan mencapai lebih dari 10 ribu jiwa. Penduduk Tuvalu didominasi suku Polynesia yang menjadi penduduk pribumi. Negara ini juga menjadi bagian negara Persemakmuran Inggris. Sejak tahun 2000, Tuvalu diakui resmi sebagai negara anggota PBB.

5. San Marino

>>Luas : 61 km2>>Benua : Eropa>>Ibukota : City of San Marino>>Populasi : 32.576 jiwa<<

Luas wilayah San Marino hanya 61 km persegi saja, menjadikan negara ini sebagai negara terkecil kelima di dunia. Letaknya ada di benua Eropa, tepatnya di semenanjung Italia. Ibukota San Marino ada di City of San Marino. Diperkirakan populasi penduduk San Marino sebesar 32.576 jiwa. Negara ini menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan pendapatan per kapita yang tinggi. San Marino juga dikenal memiliki tingkat pengangguran yang rendah serta tidak memiliki utang luar negeri sama sekali.

Demikian info 5 Negara Terkecil di Dunia dan Luas Wilayahnya semoga bermanfaat.

Sumber:https://www.infoakurat.com/negara-terkecil-di-dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *