Asam Urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin

Spread the love

Asam Urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin

Zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi dan Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin. Purin dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman seperti hati, ikan asin, ikan kembung, kacang kering dan kacang polong, dan bir.
Gangguan kesehatan akibat tingginya tingkat asam urat dalam darah yang disebut hyperuricemia.Kelebihan zat asam urat ini dapat menumpuk dan tertimbun pada persendian persendian yang membentuk kristal-kristal. Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang ahirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.
Cara mengetahui kadar asam urat dalam tubuh adalah dengan melakukan tes sample darah yang diambil dari vena yang terletak di bagian dalam siku atau bagian belakang tangan. Nilai normal kadar asam urat dalam tubuh pria berkisar antara 3,5 dan 7,2 mg / dL, sedang pada wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl.

Gejala asam urat diantaranya :
* Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.
* Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.
* Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang
* Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit saak digunakan untuk bergerak.
* Organ tubuh yang biasanya terserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku.

Penyebab asam urat tinggi dalam darah Anda meliputi :
1. Jenis kelamin:
Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini       disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar           pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.
2. Faktor usia
Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada          wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause. Gangguan asam urat jarang terjadi          pada anak-anak dan remaja.
3. Riwayat keluarga
Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi                    keturunannya kelak.
4. Konsumsi obat-obatan
– Mengkonsumsi obat-obatan diuretik seperti thiazide yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah          tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi lain
– Mengkonsumsi aspirin dengan dosis rendah setiap hari yang biasanya digunakan untuk mencegah serangan           jantung dan stroke
– Mengkonsumsi obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi                organ untuk beberapa kondisi rematologi.
– Mengkonsumsi levodopa yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson
– Konsumsi niacin yang digunakan untuk meningkatkan high density lipoprotein (HDL) dalam darah.
5. Minum terlalu banyak alkohol
Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi Bahaya alkohol juga             dapat menyebabkan penyakit paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.
6. Konsumsi minuman yang terlalu manis
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis atau pun minuman yang mengandung      fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami       yang ditemukan pada buah-buahan.
7. Paparan timbal.
Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.
8. Mandi malam
Penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah mandi malam. Dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh          orang tua agar jangan mandi terlalu malam, bahaya mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam        urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan                          metabolisme tubuh.

Pencegahan gangguan asam urat:
– Menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin seperti Ikan hering, sardin, teri, hati, kaldu, daging,             jeroan, ikan tuna, ikan trout, lobster, udang, kerang, kacang-kacangan, kembang kol, dan lain sebagainya.
– Mengurangi minuman yang mengandung alkohol, karena alkohol merupakan minuman yang kaya akan zat purin.
– Usahakan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak mengandung alkaline sebanyak 12 gelas perharinya.
– Mengkonsumsi susu dapat menurunkan kadar asam urat hingga 0.25 mg/dl.
– Menjaga berat badan
– Konsumsi multivitamin dan vitamin C

Bahaya asam urat tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan penyakit ginjal yang cukup mematikan dan bahkan dapat menyebabkan jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *