Gurun Pasir Yang Hanya Ada 3 Bulan dalam 1 Tahun di Brazil

Spread the love

Gurun Pasir Yang Hanya Ada 3 Bulan dalam 1 Tahun di Brazil

 Gurun Lencois Maranhenses Di Brazil
Gurun Lencois Maranhenses Di Brazil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Umumnya waktu kita mengulas masalah gurun pasir, kita akan membayangkan satu tempat yang tertutup pasir sepanjang tahun. Tetapi tidak demikian dengan gurun pasir yang satu ini.
Terletak di Taman Nasional Lencois Maranhenses, timur laut Brasil, gurun pasir ini hanya ada selama 3 bulan dalam 1 tahun. Kok bisa?
Jadi, sepanjang musim kemarau, di taman nasioanl itu akan ada hamparan padang pasir berwarna putih. Uniknya, pada Juli hingga sampai September, tempat itu akan berubah menjadi oasis dengan air berwarna biru jernih.

Beberapa pengunjung yang datang bisa berenang di oasis tersebut karena airnya hangat serta tenang. Lantas, bagaimanakah hal tersebut dapat berlangsung? Walau sebenarnya, sejatinya Taman Lencois bukan gurun pasir.

Merilis dari Huffingtonpost, hujan deras yang berlangsung dari Januari sampai Juni akan membuat kolam-kolam besar di seputar tempat itu. Malah ada yang panjangnya mencapai 10 mtr..                                                                          Sesudah bulan September, denggan angin yang semakin kuat, kolam-kolam itu akan hilang. Seakan tidak perrnah berada di sana. Yang menarik, ikan-ikan di kolam itu dapat juga hilang serta muncul ditempat itu. Ternyata ini karena laguna yang tercipta di taman nasionnal itu terhubungan dengan sungai tidak jauh dari sana.

Terdengar menarik, tetapi tempat taman nasional ini cukup terpencil. Anda harus naik mobil sekitar 4 jam dari kota Barreirinhas. Lantas perjalanan dilanjutkan dengan bantuan guide lokal atau group perjalanan supaya tidak tersesat di taman yang luas.

 

Sumber:https://www.liputan6.com,Google&youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *