Membuat Kornea mata menggunakan mesin cetak 3D

Spread the love

Ilmuwan ini Membuat Kornea mata menggunakan mesin cetak 3D. Technologi pencetak 3D benar-benar sangat berkembang bahkan juga beberapa ilmuwan dari Kampus Newcastle sudah mencetak 3D film kornea buatan memanfaatkan sel manusia.

Dua orang pencipta kornea yaitu Steve Swioklo serta Profesor Che Connon, yang memakai bio-tinta yang memiliki bentuk mesti tidak tebal serta kaku supaya dapat terjadi jadi susunan 3D. Peneliti juga memberikan goo seperti jeli yang dimaksud alginat serta sel induk yang diekstraksi dari kornea donor serta mengambil protein ropy atau yang dimaksud kolagen.

“Sangat susah mendapatkan resep yang pas untuk tinta yang tidak tebal yang dipakai untuk semprotan dari nosel printer 3D, ” kata Che Connon seperti ditulis dari The Verge.
Peranan kornea pada mata sangat perlu karena jika ada kerusakan dapat mengakibatkan kebutaan. Sesungguhnya kornea yang rusak bisa ditukar dengan kornea milik orang yang telah meninggal. Tapi sampai sekarang ini masih tetap jarang orang mendonorkan korneanya.

Pada penemuan yang diterangkan pada jurnal Experimental Eye Research, menyebutkan kalau donasi kornea semakin lebih baik dipakai untuk mengganti kornea yang rusak meskipun begitu tidak sering ada donasi kornea. Sedangkan tehnik baru cuma memakai satu sel untuk menumbuhkan sel yang bisa dipakai membuat 50 cetakan kornea buatan.

Namun, masih tetap butuh waktu yang panjang supaya kornea ini dapat dipakai manusia serta harus menguji keamanan melalui tes pada hewan.

Informasi menyangkut kornea mata di Indonesia dari Jakarta Eye Centre: Keratoplasty atau transplantasi kornea adalah tindakan operasi pada mata yang bertujuan mengganti kornea mata yang sudah rusak / tidak berfungsi dengan kornea baru (kornea donor). Untuk melakukan tindakan keratoplasty, JEC saat ini menggunakan teknologi Intralase Enabled Keratoplasty (IEK) dan Lamelar Keratoplasty.

 

 

Sumber:- http://akurat.co/iptek/id-236966-read–wow-ilmuan-ini-buat-kornea-dari-mesin-cetak-3d?catId=9 & JEC.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *