Beberapa Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Eropa

Spread the love

Beberapa Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Eropa – Negara apa sajakah yang belum pernah dijajah oleh bangsa lainnya? Sedikit negara yang belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa.

Beberapa Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Eropa

Dalam tulisan ini akan dibicarakan beberapa negara diluar benua Eropa yang belum pernah dijajah atau dikolonialisasi oleh bangsa Eropa.

Penjajahan atau kolonialisasi adalah usaha satu bangsa untuk menjajah, menguasai serta mengatur rakyat serta sumber daya bangsa lainnya.

Diantara abad 16 sampai abad 20, kemampuan beberapa negara Eropa demikian besar serta hampir menguasai semua wilayah di Bumi. Mereka sukses menjajah banyak negara di Asia, Afrika, Amerika serta Australia.

Perumpamaannya Indonesia yang sempat dijajah oleh Portugis, Inggris, Belanda serta Jepang dari Asia. Selanjutnya Indonesia merdeka sesudah peristiwa proklamasi di tahun 1945. Negara Asia serta Afrika lainnya banyak juga yang dijajah oleh bangsa Eropa.

Kekuatan besar Eropa seperti Inggris, Prancis, Belanda, Portugal, Rusia, Italia sampai Turki (kekaisaran Ottoman) memang mengatur banyak wilayah serta negara, khususnya pada abad 18 serta 19, dan di awalnya abad 20.

Negara yang Tidak Pernah Dijajah –¬†Puncaknya berlangsung Perang Dunia pertama serta Perang Dunia kedua. Di akhir perang dunia kedua, dilakukan kesepakatan untuk menghentikan kolonialisme bersamaan dengan dibentuknya PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Semua bentuk penjajahan juga digolongkan menjadi pelanggaran HAM internasional.

Dalam sejarah, cuma ada beberapa negara saja yang terlepas dari penjajahan bangsa Eropa. Beberapa negara diluar Eropa yang berhasil menghindari penjajahan perumpamaannya adalah Jepang, Thailand, Ethiopia, Liberia serta Iran/Persia.

Tersebut adalah daftar negara yang belum pernah dijajah bangsa lainnya, spesial untuk negara non-Eropa, dapat dari benua Asia, Afrika, Amerika serta Australia, bersama riwayat sejarah serta perlawanannya.

Thailand

Sampai sekarang, Thailand masih tetap tercatat menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang belum pernah dijajah oleh bangsa lainnya. Dulunya negara Thailand dikenal sebagai Kerajaan Siam. Raja Chulalongkorn diketahui mempunyai jalinan diplomasi baik dengan Prancis serta Inggris sehingga negaranya terlepas dari penjajahan. Sekarang Thailand jadi salah satunya negara anggota ASEAN tertinggi ekonominya.

Ethiopia

Tidak banyak negara Afrika yang belum pernah dijajah, diantaranya ialah Ethiopia. Saat sebagian besar negara Afrika dijajah bangsa Eropa, Ethiopia masih dapat menjaga kedaulatannya. Di masa Mussolini, Italia sudah sempat mengatur beberapa wilayah Ethiopia akan tetapi tidaklah sampai melakukan kolonialisasi menyeluruh.

Jepang

Jepang juga jadi salah satunya negara Asia yang tidak terjajah sama sekali. Negara ini bahkan juga mengembangkan pengaruhnya ke negara lainnya seperti China serta Taiwan. Saat Perang Dunia kedua, Jepang menjadi salah satunya kekuatan besar serta bahkan juga sudah sempat menjajah beberapa negara termasuk Indonesia.

Arab Saudi

Arab Saudi juga belum pernah dijajah sama sekali. Pada abad 16, kekaisaran Ottoman sudah sempat mempunyai wilayah kekuasaan di Arab Saudi, akan tetapi keluarga kerajaan Arab Saudi melakukan perlawanan serta sukses mengusir kekaisaran Ottoman.

Demikian sekilas informasi yang dapat disampaikan Beberapa Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Eropa semoga bermanfaat.

Sumber:https://www.infoakurat.com&google

Baca Juga: 5 Negara Terpadat di Dunia dengan Penduduk Paling Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *